Tips Sebelum Menyewakan Rumah

Jika anda termasuk salah satu orang yang beruntung karena memiliki lebih dari satu aset rumah, maka menyewakan rumah adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan. Pasalnya saat ini kebutuhan perumahan terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan juga pertumbuhan ekonomi negara kita. Saat ini juga banyak rumah di jual oleh pemiliknya karena sang pemilik sudah memiliki lebih dari satu aset rumah. Namun cara ini dinilai kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan menyewakan rumah tersebut.

Baca Juga : Lokasi Terbaik untuk Beli Rumah di Jakarta

Anda harus mempunyai beberapa strategi jitu ketika akan menyewakan rumah anda, salah satunya memberi iming-iming berupa fasilitas yang lengkap. Hal ini sangat diperlukan agar para penyewa bisa betah dan menyewa rumah anda dalam jangka waktu yang panjang. Mempunyai satu klien dan menyewa rumah dalam jangka waktu panjang akan lebih baik dari pada memiliki beberapa klien namun hanya menyewa rumah dalam jangka waktu yang pendek. Itu karena resiko kerusakan rumah akan lebih besar jika rumah ditempati oleh beberapa orang yang berbeda hanya dalam waktu yang singkat.

Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan menyewakan rumah. Adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Surat perjanjian

Jika anda hendak menyewakan rumah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat surat perjanjian yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

  1. Peraturan

Buatlah peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh penyewa dan anda bisa menyertakan peraturan tersebut pada surat perjanjian. Anda juga dapat menerapkan sanksi jika penyewa melanggar aturan yang sudah disepakati sebelumnya.

  1. Perabotan rumah tangga

Jika anda tidak mau repot, sebaiknya rumah yang akan disewakan tidak perlu dilengkapi dengan berbagai perabot rumah tangga. Karena tidak semua penyewa memiliki kepedulian yang sama terhadap perabot rumah tangga yang sudah anda persiapkan

  1. Keamanan

Segera ganti kunci rumah sewaan jika penyewa sudah berganti. Dengan begitu keamanan penyewa baru akan lebih terjamin karena kunci rumah sudah tidak sama dengan kunci sebelumnya. Keamanan adalah hal yang sangat penting. Bahkan saat ini banyak tempat tinggal di jual oleh pemiliknya karena kurangnya keamanan di lingkungan rumah tersebut.

Nah itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan menyewakan rumah.

Jika anda tidak memiliki cukup uang, lebih baik menyewa rumah dari pada harus memaksakan diri untuk membeli rumah yang murah. Karena saat ini banyak rumah di jual murah oleh pemilikinya karena rumah tersebut mengalami sengketa. Selain itu, anda juga dapat mengajukan kredit ke bank BTN sebagai biaya tambahan untuk menyewa rumah. Karena bank BTN memberikan bunga kredit yang cukup ringan sehingga tidak akan memberatkan anda.