info lelang rumah

Tahap Lelang untuk Info Lelang Rumah

Memiliki suatu rumah merupakan keinginan setiap orang. Namun, tingginya harga rumah yang semakin lama semakin mahal, membuat orang tidak bisa membeli suatu tempat tinggal. Salah satu cara untuk mendapatkan rumah adalah dengan mengikuti lelang rumah. Info lelang rumah dapat diperoleh di perbankan misalnya dari BTN yang merupakan salah satu bank yang menyelenggarakan lelang.

Terdapat beberapa tahapan dalam proses lelang sebelum akhirnya rumah tersebut menjadi rumah lelang dan kemudian BTN akan memberikan info pelelangan rumah. Tahapan proses tersebut yaitu:

  • Terdapat suatu perjanjian kredit dengan agunan rumah antara debitur yang merupakan pemilik rumah dan kreditur yaitu bank.
  • Rumah akan disita setelah diberi peringatan beberapa kali karena debitur tidak dapat melunasi kewajibannya yaitu membayar angsuran.
  • Bank akan menyerahkan rumah yang resmi disita ke balai lelang untuk selanjutnya akan diproses

Setelah rumah yang diserahkan oleh pihak Bank telah diproses, balai lelang akan melaporkan kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk melakukan proses selanjutnya. Kemudian, KPKNL akan menentukan jadwal dan sistem lelang sesuai dengan jenis dari barang yang akan dilelang. Peserta yang telah mendapatkan info lelang rumah, dapat mendaftar untuk mengikuti lelang di balai lelang dengan membayar uang jaminan sesuai ketentuan. Sistem penawaran yang dilakukan yaitu dengan cara terbuka dan tertutup. Pemenang lelang akan ditentukan oleh pejabat lelang dan kemudian pemenang tersebut harus membayar secara tunai dalam jangka waktu 3 hari masa kerja setelah lelang.