Inilah Tips Aman Membeli Rumah Bekas

Kebanyakan orang lebih memutuskan untuk membeli rumah baru dari pengembang atau developer karena legalitas dan juga dokumen rumah lebih terjamin. Namun tidak sedikit juga orang yang memutuskan untuk membeli rumah bekas karena berbagai faktor seperti lokasi yang strategis, dekat kota, atau sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Baca Juga Artikel Seputar Rumah KPR :

Sumber gambar : blog.rumah.com

Sumber gambar : blog.rumah.com

Namun anda juga harus lebih berhati-hati ketika membeli rumah bekas. Hal ini disebabkan rumah sudah dipakai oleh orang lain atau bahkan sudah beberapa kali berganti kepemilikan. Selain itu, iklan rumah di jual yang banyak bertebaran dijalan juga sering kali tidak menampilakn sertifikat dari rumah tersebut. Mengingat sertifikat rumah adalah dokumen yang sangat penting.

Banyak hal yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk membeli rumah bekas. Namun yang paling penting dari berbagai hal tersebut adalah aspek hukum atau legalitas dari tanah dan bangunan itu sendiri. Untuk lebih mengetahui hal-hal lain yang harus diperhatikan anda bisa simak yang berikut ini.

  1. Pastikan anda sudah memperhatikan semua aspek legalitas POPT (Penjual, Obyek, Proses, dan Transaksi)
  2. Mintalah pemilik rumah untuk menunjukkan bukti kepemilikan rumah dan juga tanah yang berupa sertifikat asli dan bukan foto copy. Setelah itu pastikan nama pemilik rumah sama dengan nama terakhir yang terdapat pada sertifikat tersebut.
  3. Untuk lebih memastikan, mintalah PPAT atau Notaris untuk melakukan cek bersih (clearance)
  4. Calon pembeli rumah harus mencermati keabsahan dari kepemilikan rumah, mengingat saat ini banyak terjadi kasus pemalsuan dokumen. Selain itu anda juga harus mewaspadai sertifikat yang baru terbit. Lebih baik membeli rumah dengan usia sertifikat lebih dari lima tahun karena memiliki kepastian hukum yang lebih kuat.
  5. Pastikan juga jika rumah yang akan dibeli tidak sedang dalam jaminan bank ataupun digadaikan karena keperluan utang piutang
  6. Ketahuilah identitas dari pemilik rumah untuk mencegah jika suatu saat terjadi masalah tentang keabsahan sertifikat rumah.

Nah itulah beberapa tips aman untuk membeli rumah. Jangan pernah tergiur jika rumah di jual dengan harga murah yang banyak bertebaarn dijalan. Karena bisa saja rumah tersebut tidak memiliki keabsahan legalitas. Kebanyakan tempat tinggal di jual oleh pemiliknya guna menghindari terjadinya sengketa yang nantinya akan merugikannya.

Jika anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli sebuah rumah, anda bisa mengajukan kredit ke bank BTN. Karena bank BTN hanya memberi bunga yang cukup ringan sehingga tidak akan memberatkan anda. Selain itu anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lainnya jika mengajukan kredit di bank BTN.