gejala bronkitis dan cara penanggulangannya

Gejala Bronkitis Dan Cara Pencegahannya

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan tepatnya pada bronkus yang disebabkan oleh karena adanya infeksi atau peradangan sehingga menimbulkan gejala spesifik yang khas. Gejala Bronkitis awal pada mulanya seperti batuk biasa namun lambat laun semakin parah, untuk itulah penderita harus segera mendapatkan perawatan medis.Ada 2 jenis bronkitis, yakni bronkitis akut dimana gejala bertahan selama 3 minggu, sedangkan pada bronkitis kronis gejala dapat bertahan lebih dari 3 bulan dan semakin parah.

Gejala Penyakit Bronkitis Yang Sangat Mengganggu

Penyakit bronkitis umumnya disebabkan oleh serangan virus yang ikut terbawa bersamaan dengan udara yang penderita hirup. Karena ukurannya begitu kecil, Virus dapat lolos dari saringan udara pada rongga hidung, hingga akhirnya menempel dan menginfeksi saluran bronkitis. Dibawah ini akan dijelaskan gejala gejala bronkitis beserta cara pencegahannya.

  • Batuk Berdahak

Dahak/ lendir yang dikeluarkan ketika batuk sangat lumrah terjadi, umumnya setelah kita mengkonsumsi makanan pedas akan keluar dahak berwarna bening dan itu normal. Namun pada penderita Bronkitis, dahak yang keluar berwarna kuning pekat bahkan ada juga berwarna hijau yang menandai telah terjadinya infeksi pada saluran nafas.

  • Sesak Nafas

Infeksi yang terjadi pada bronkitis menyebabkan terganggu-nya fungsi paru paru sehingga penderita kerap merasakan sesak nafas, terutama pada malam hari. Gejala sesak nafas pada penderita Bronkitis berbeda bila dibandingkan penderita jantung ataupun asma. Bila merasakan sesak nafas berkepanjangan maka perlu segera dibawah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

  • Demam Ringan

Tubuh juga tidak tinggal diam ketika Bronkus terinfeksi, suhu tubuh penderita akan meningkat drastis sebagai respon tubuh dalam melawan infeksi virus pada bronkus. Gejala demam biasanya terjadi pada tahap awal penyakit bronkitis, bila tubuh tidak mampu melawan maka akan muncul gejala dahak berwarna kuning hingga sesak nafas seperti diatas.

Cara pencegahan agar kita bisa terhindar dari Bronkitis yakni hindari diri dari asap rokok karena mengandung zat kimia berbahaya. Selalu memakai masker bila mengunjungi tempat dimana udara-nya mengandung zat kimia misalnya kawasan industri dan selalu menjaga kebersihan badan dengan cara mandi minimal 2x sehari menggunakan sabun Lifebouy. Dengan begitu kita akan terhindar dari penyakit/ gejala Bronkitis dan bahaya yang menyertai-nya.