Cara KPR Rumah Oper Kredit Yang Aman

Cara KPR Rumah Oper Kredit Yang Aman

Ketika Anda mencari rumah yang relatif harganya murah, Anda bisa mencari beberapa alternatif. Salah satu cara adalah dengan mencari rumah bekas, dan satu lagi adalah dengan melakukan membeli rumah lewat oper kredit. Cara terakhir ini adalah cara KPR rumah oper kredit yang cukup menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan harga yang murah. Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal agar Anda tak terjebak dalam prosesnya.

Anda perlu tahu bahwa dalam proses oper kredit tersebut, ada 3 pihak yang harus terlibat, yaitu penjual rumah asli, Anda sebagai pembeli, dan juga bank pemberi KPR. Kesepakatan oper kredit ini haruslah sepengetahuan 3 pihak tersebut, dan tidak hanya antara Anda dan penjual rumah saja. Jika Anda mengabaikan bank, bisa runyam masalahnya. Keuntungan oper kredit via bank adalah :

  • Anda bisa mendapatkan sertifikat rumah asli secara sah dari bank begitu pembayaran sudah lunas.
  • Anda mencegah penjual yang nakal, di mana tiba-tiba saja dia melunasi administrasi di akhir masa pembayaran dan meminta sertifikat ke bank, padahal Anda yang melunasi sisa kreditnya.

Agar Anda bisa aman melakukan membeli lewat cara oper kredit ini, perhatikan tips KPR rumah berikut ini :

  1. Laporkan ke bank bersama-sama dengan penjual rumah untuk melaporkan tentang oper kredit tersebut.
  2. Bank nantinya akan melakukan pemeriksaan kepada Anda, tentang kemampuan finansial Anda, sejarah kredit Anda, dll.
  3. Jika bank sudah setuju, maka bank akan mendata Anda, sehingga Anda terdaftar menjadi debitur yang baru, dan sertifikat rumah sudah atas nama Anda. Penjual lama sudah lepas dari bank.
  4. Anda akan tanda tangan perjanjian kredit yang baru, akta jual beli, serta surat untuk pengikatan jaminan.

Cara KPR rumah dengan oper kredit mempunyai keuntungan di mana Anda tidak harus mengangsur terlalu lama, dan bisa mendapatkan rumah dengan budget yang terbatas. Hal yang penting adalah sertifikat rumah sudah dalam nama Anda, sehingga mencegah kemungkinan pembeli lama mengklaim kembali rumah yang sudah Anda beli. Pastikan bahwa semua cara legal sudah Anda kerahkan.