rumah lelang bank

Anda Berniat Membeli Rumah Second? Lakukan Trik Ini Agar Tidak Salah Pilih

Ketika anda mencari orang yang jual rumah murah atau second, sebaiknya anda jeli dalam memilihnya. Rumah second memiliki banyak rersiko daripada rumah yang masih baru, misalnya saja resiko kerusakan atau beberapa fasilitas yang kurang bekerja dengan baik. Maka dari itu, kejelian anda dalam membelinya sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Baca Juga: Tips Cara Mengajukan KPR Rumah Bekas

cari rumah

Memang bangunan seperti ini memiliki beberapa kekurangan, tapi jika anda tahu trik dalam memilihnya mungkin anda bisa beruntung mendapatkan hunian secon yang kondisinya masih baik. Berikut adalah trik yang bisa anda lakukan ketika akan membeli rumah seperti ini.

  • Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dalam membeli. Meskipun second, tapi tetap anda mempunyai hak untuk memilih yang terbaik. Jika melihat rumah dengan tampilan luarnya yang bagus, sebaiknya jangan langsung percaya. Untuk memastikan kondisi tersebut,  cek juga kondisi di dalmnya seperti dinding, lantai, atap dan lain sebagainya.
  • Interior yang lama bisa diubah menjadi baru, oleh karena itu jangan langsung tertarik dengan kondisi interiornya. Pastikan dulu apakah interior tersebut aman bagi diri anda dan keluarga. Tanyakan usia banguna tersebut, kapan terakhir direnocvasi dan lain sebagainya yang menyangkut keselamatan.
  • Air merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam sebuah rumah. Keberadaan air yang ideal menentukan kesehatannya dan baik untuk dikonsumsi dan digunakan. Maka dari itu, pastikan apakah sumber air bekerja dengan baik dan berada di lokasi yang cukup ideal.
  • Ventilasi di dalam rumah yang baik bisa membuat menjadi nyaman. Sedangkan jika ventilasinya kurang baik baik itu pencahayaan maupun sirkulasi udaranya, maka bisa menimbulkan kelembaban yang akan membuat ruangan menjadi bau. Maka dari itu, ventilasi udara juga penting anda perhatikan.
  • Perhatikan juga daya penunjang lisriknya, apakah masih berjalan dengan baik. Tanyakan pula apakah pemilik sebelumnya mempunyai masalah dengan segel meterannya. Hal ini untuk menghindari agar anda idak menanggung denda listrik dari pemilik sebelumnya.
  • Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu memastikan prihal kelengkapan surat rumah baik itu surat izin maupun sertifikat rumah. Pastikan bangunan tersebut bukanlah bangunan sengketa karena permasalahan waris  ataupun yang lainnya.
  • Terakhir adalah melakukan survai, kemudian membandingkan harganya apa saja kelebihannya dan kekurangan bangunan tersebut. Jika memang anda mengharuskan melakukan renovasi, sebaiknya pastikan apakah biaya renovasi tersebut seimbang dengan budget yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Itulah beberapa trik jitu untuk mendapatkan tempat hunian yang second. Jika anda orang yang ingin mencari rumah, pastikan kenapa orang tersebut ingin menjualnya, kemudian cek kondisi bangunan tersebut apakah masih layak dihuni atau tidak. Maka dari itu, pilihlah dengan teliti dan cermat untuk mendapatkan tempat hunian yang diinginkan, meskipun anda membelinya bekas pakai.