cari rumah

4 Tips Cari Rumah dengan Harga Terjangkau

Hal yang paling sulit ketika sepasang suami istri baru akan cari rumah adalah persoalan harga. Seperti juga yang pasti telah Anda rasakan sendiri, sekarang ini harga properti semakin melonjak tinggi, bahkan untuk rumah yang sederhana sekalipun. Bila Anda tidak bersiap-siap atau menabung sejak sangat lama, maka akan sulit untuk mendapatkan rumah yang sesuai budget.

Bukan berarti sekarang ini tidak ada lagi rumah yang murah. Jika Anda cari properti rumah yang demikian, maka ada beberapa jenis properti yang bisa dipastikan harganya cukup murah, yaitu:

  • Rumah yang agak tua

Carilah rumah yang usianya cukup tua, namun masih layak untuk dihuni. Tentu saja, Anda juga harus menghitung biaya perbaikannya agar tidak melebihi anggaran.

  • Rumah lelang

Rumah-rumah ini milik debitur yang tidak sanggup membayar KPR mereka, dan biasanya dijual dengan harga di bawah harga pasar. Tentukan lebih dari satu rumah pilihan, mengingat rumah seperti ini biasanya banyak peminat.

  • Lokasi di pinggir kota

Rumah yang ada di pinggir kota jelas lebih murah daripada yang lokasinya di pusat. Pastikan bahwa Anda punya transportasi untuk bekerja dan sekolah.

  • Beli langsung dari yang punya

Langsung berhadapan dengan pemiliknya akan memberikan Anda ruang negosiasi harga.

Baca Juga : Mengapa Ada Rumah Yang Dijual Dengan Sangat Murah?

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan adanya tawaran untuk rumah dari pengembang sendiri, yang tidak membutuhkan uang muka, namun sudah siap huni. Banyak pengembang yang berafiliasi dengan bank seperti BTN menawarkan rumah semacam ini. Anda hanya tinggal membayar cicilan dan bunganya tiap bulan. Keuntungannya?

  • Anda bisa langsung pindah ke rumah tersebut, bahkan ketika Anda belum lunas membayar.
  • Jangka waktu pembayaran cukup lama, sehingga Anda tidak terbebani.
  • Anda mendapatkan sertifikat rumah dan juga asuransi.

Proses dalam cari rumah yang murah memang tidak bisa dibilang susah. Namun jika Anda tahu persis rumah seperti apa yang Anda mau, mempunyai referensi lokasi rumah mana saja yang Anda ingin, dan juga tahu harga pasaran properti, Anda bisa menegosiasikan harga yang cocok untuk Anda. Alternatif lain, Anda bisa membayar rumah dengan sistem KPR.